Friday, October 17, 2008

TipS Mudik LebaraN


Pulang kampung pasti ribet. Udah harus bawa oleh - oleh buat yang da di desa. Dan yang pasti gag cuma satu tas Khan pasti banyak bangett. Makanya ini tips mudik mungkin sangat berguna bagi yang akan mudik di libur lebaran taon ini. Ini dia tipsnya :

1. Luangkan waktu lebih awal. Jika waktu packing yang tersedia cukup, Anda bisa lebih bijak menentukan mana barang yang perlu dibawa, mana yang tidak. Jika waktu mengepak 'sempit', kebingungan menyerang Anda. Bisa-bisa barang yang penting Anda tinggalkan di rumah, sementara barang yang tak diperlukan Anda kemas rapi di dalam koper.

2. Periksa cuaca dan suasana tempat tujuan. Jika hari-hari yang akan Anda lalui lebih banyak hujan, ada baiknya membawa jaket dan payung serta lebih banyak pakaian dalam dan pakaian ganti yang tak terlalu sukar dicuci dan cepat kering.

3. Buatlah daftar barang bawaan. Hal ini banyak gunanya lho! Pertama, mencegah membawa barang yang tak diperlukan. Kedua, mencegah kepanikan pada menit-menit terakhir proses pengepakan. Ketiga, sebagai panduan ketika mengepak lagi pada akhir perjalanan. Keempat, menjadi 'pengingat' dalam kondisi tidak menguntungkan seperti kehilangan atau kecurian bagasi.

4. Lakukan 'trik' berpakaian. Bila Anda akan bepergian cukup lama dan ada kesempatan untuk mencuci pakaian, pertimbangkan melakukan padu padan. Ketimbang membawa tujuh stel busana untuk tujuh hari, kenapa tidak membawa tiga atau empat stel pakaian saja namun bisa Anda "utak-atik" untuk tujuh penampilan berbeda?

Jadi, hindari mengepak pakaian terlalu banyak, dengan pemikiran kalau-kalau diperlukan. Nah, hitung kembali berapa lama Anda dan keluarga bepergian sehingga tidak perlu membawa pakaian dalam jumlah berlebihan.

5. Mengepak dua kali. Sebelum memasukkan semua bawaan ke travel bag, tatalah semuanya di satu tempat, jangan langsung ditumpuk-tumpuk. Cara ini membantu mengurangi risiko menggembungnya isi tas. Sebab, Anda bisa melihat lebih dulu semua bawaan sehingga Anda segera tahu apa yang masih terlupa dan apa yang sebetulnya tidak perlu dibawa.

6. Pilih ukuran koper yang sesuai. Pilihlah tas yang tidak memakan tempat dan mudah dibawa. Sesuaikan ukuran koper dengan kapasitas barang bawaan. Koper sebaiknya memiliki banyak ruang untuk memuat bawaan yang berbeda sehingga tak merusak pakaian. Perhatikan pula berat koper Anda, jangan sampai karena berat bawaan dan berat koper, Anda justru tak mampu mengangkutnya.

7. Mengepak dengan benar. Masukkan pakaian yang berat (terutama celana dan baju) serapi mungkin. Untuk pakaian yang berbahan katun, Anda bisa melipat sekecil mungkin dengan cara melipat kemudian menggulung kembali. Nah, bila tempat tidak mencukupi, Anda bisa memasukkannya pada pinggir-pinggir tas.

Manfaatkan saku di tas Anda untuk memasukkan alat-alat kecil yang Anda anggap penting untuk dibawa. Pastikan setiap sudut benar-benar penuh, agar pakaian tidak mudah lusuh. Beri pengaman, agar tidak ada kekhawatiran jika terjadi guncangan. Pastikan resleting tas terkunci rapat. Bila perlu beri kunci pengaman.

8. Pisahkan barang penting. Jika perjalanan memakan waktu lama, pisahkan bawaan yang akan Anda gunakan dalam perjalanan dan mana yang baru akan dipakai setelah sampai di tujuan. Siapkan di tas kecil perlengkapan rias, pakaian dalam, pakaian ganti, obat-obatan, dan perlengkapan darurat lainnya agar mudah dijangkau. Dengan demikian, Anda tak perlu membongkar lagi bawaan dan mengepak ulang.

http://lifestyle.okezone.com

No comments:

Post a Comment