Friday, October 17, 2008

Ilyas Karim Pengibar Sangsaka Merah Putih


Masih inget siapa yang ngibar bendera waktu proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangin sama Presiden pertama RI, Soekarno, pasti dah pada lupa khan? Emang orang yang amat berjasa bagi kemerdekaan Indonesia ini sering terlupakan. Tapi tanpa adanya beliau, Proklamasi kemerdekaan pasti ada yang kurang deh.

Ilyas Karim, beliaulah pengibar pertama Sang Saka Merah Putih pada 17 Agustus 1945. Coba deh lihat gambar diatas! Itu foto pengibaran bendera Merah putih yang pertama di Jalan Pegangsaan Timur Jakarta Pusat setelah pembacaan proklamasi kemerdekaan. Yang sekarang bendera yang dikibarin dulu dah di museumin. Di foto itu tampak dua orang pengibar bendera yang dikelilingi oleh Presiden Soekarno, Wakil Presiden Mohammad Hatta, Ibu Fatmawati, dan SK Trimurti. Pemuda pengibar bendera yang bercelana pendek itulah Ilyas Karim. Saat ini Ilyas yang sudah berusia 81 tahun ini tinggal di sebuah rumah sederhana di Jl. Rawajati Barat, Kalibata, Jakarta Selatan, bersebelahan dengan rel kereta api.
Ilyas Karim menjadi pengibar bendera Merah Putih dipilih oleh Sudanco (Komandan Peleton) Latief menunjuknya untuk menjadi pengibar bendera di acara proklamasi kemerdekaan, beliau dipilih karena masih berumur 18 tahun, belium mengibarkan bendera pusaka bersama Sudanco Singgih, seorang tentara PETA. Waktu itu, Ilyas adalah seorang murid di Asrama Pemuda Islam (API) yang bermarkas di Menteng Jakarta Pusat.

Setelah pengibaran Sang Saka Merah Putih itu, Ilyas kemudian menjadi tentara. Pada 1948, Ilyas dan sejumlah pemuda di Jakarta diundang ke Bandung oleh Mr Kasman Singodimejo. Di Bandung, dibentuk Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Kesatuan tentara ini kemudian ini nama Siliwangi. Nama Siliwangi merupakan usul dari Ilyas. Pada 1979, Ilyas pensiun dengan pangkat letnan kolonel. Kehidupannya mulai suram, karena dua tahun kemudian dia diusir dari tempat tinggalnya di asrama tentara Siliwangi, di Lapangan Banteng, Jakpus. Sejak saat itu hingga saat ini dia tinggal di pinggir rel KA.

No comments:

Post a Comment